Minggu, Maret 16, 2014

Cara Agar Blog mu Menarik dan Membuat Nyaman Pengunjung

Membuat blog kita agar menarik dan mendapat banyak visitor sebenarnya cukup mudah, tapi memang harus dipelajari, perjuangkan, pertahankan, sabar, dan ikhlas. xD Nah disini aku coba buat berbagi tips yang mungkin bisa bermanfaat yang berasal dari pengalaman pribadi aku selama mengelola dan  mengamati berbagai blog.



1. Template
Ini hal yang paling sederhana saat kita punya blog, yaitu cari template yang cocok. Sebenernya nyari template juga gampang-gampang susah si menurut aku. aku sendiri  suka template yang simple, warna ga mencolok yang sampe buat pandangan bureng, dan ada share button-nya. Ohya kalo pilih template sih enakan pake yang SEO (Search Engine Optimization) friendly, karena dengan kita pake template SEO ini buat blog kita bakal optimal di search engine dan akan berada di posisi atas hasil pencarian di search engine seperti Google. Jadi intinya kalo pake template SEO itu lebih gampang dicari dan akan lebih gampang muncul di search engine. Kalau masalah tempate ini juga kadang berpengaruh sama loading. Template yang semakin 'rame' biasanya loadingnya bakal berat, nah kalau pake template SEO ini biasanya loadingnya ringan, jadi visitor juga bakal betah lama-lama di blog kalian. Tapi itu semua bukan berarti menghalangi kreativitas kalian. Asal kalian pinter nge-desain justru bisa menjadi daya tarik sendiri kannn...

2. Desain
Yang namanya nge-desain blog biar nyaman dibaca itu mendingan yang simple-simple aja gausah kebanyakan widget ini itu apalagi yang kaya gambar-gambar ga jelas atau sampe iklan-iklan ga jelas. Itu bakal ngganggu pembaca contohnya kursornya juga yang simple aja. Tatat letaknya juga dibuat se-rapi mungkin agar membuat pengunjung nyaman juga.

3. Postingan
Postingan yang dbuat juga harus bermutu dan kalo bisa sih original alias ga copas sana sini, kecuali emang postingan tersebut berupa pengetahuan umum ato hasil riset, asalkan tetep dicantumkan sumber nya. Trus biar tambah menarik juga tambahin gambar ilustrasi yang berkaitan sama postingan  tersebut.

4. Warna dan Ukuran Huruf
Ini juga biasanya berkaitan sama template yang kalian pakai. Kalau emang template kalian dark ya otomatis tulisannya harus bright, dan sebaliknya kan. Ya pokoknya pinter-pinter ajalah mbuat mata visitor tuh tertuju pada blog kita. Trus ukuran font juga berpengaru banget, jangan terlalu besar, jangan terlalu kecil, asal jangan pake font yang nguel-nguel kaya kabel bundet aja.

5. Widget Penunjang
Tambahin widget yang sesuai sama isi blog kalian. Ya contohnya kaya fasilitas translate blog atau apa deh yang lainnya. Yang penting kebutuhan visitor terpenuhi dengan sempurna, sehingga mereka tertarik bakal datang kembali ke blog kita :D

1 komentar:

Obat Tradisional mengatakan...

terimakasih buat tips nya sob, boleh dicoba..

Posting Komentar