Jumat, Mei 30, 2014

BISNIS ONLINE, TREND SERU MASA KINI YANG BIKIN CANDU


          Di jaman yang serba modern seperti sekarang, perkembangan teknologi dan kehadiran media baru memang dapat mempermudah manusia dalam segala aspek kehidupannya termasuk dalam hal bisnis. Karena teknologi dan media tersebut maka lahirlah bisnis online yang kini telah menjadi terobosan baru para pengusaha dari yang newbie hingga yang expert untuk memasarkan produknya. Bisnis semacam ini memang menjadi suatu alternatif yang mampu meminimalisir biaya promosi bagi pengusaha tersebut. Di Indonesia hal ini sudah tidak asing lagi, karena dapat kita temukan dengan mudah promosi/iklan yang  ditampilkan akan hal tersebut saat kita berselancar di dunia maya.


            Bisnis online memang menjadi hal yang dianggap lebih efektif dan praktis dalam pemasarannya. Bagaimana tidak, hanya dengan menyambungkan PC dan internet kita sudah bisa bertransaksi bisnis apapun dan dengan siapapun. Bila disesuaikan dengan kondisi masyarakat di Indonesia, hal ini dapat semakin meningkatkan sikap konsumtif karena keefektifan dan kemudahannya, hingga akhirya menjadi candu yang secara terus menerus dapat meningkat kadarnya. Dengan kondisi tersebut tentu akan dimanfaatkan bagi para pengusaha/produsen dalam meningkatkan promosi akan hal-hal yang mereka tawarkan. Ditambah lagi sekarang banyak sekali yang menawarkan cara untuk berbsinis dengan modal yang minim atau bahkan gratis. Namun, yang perlu diperhatikan apakah hal ini benar-benar dapat menguntungkan kedua belah pihak, bagi dari penjual ataupun pembeli?
            Terkadang kata “online” sendiri identic dengan arti virtual ataupun semu. Hal ini juga berlaku pada “bisnis online”, yang artinya apakah konsumen dapat sepenuhnya mempercayai hal tersebut sebagai sesuatu yang nyata? Bagaimanapun juga banyak sekali kasus penipuan akan hal tersebut yang akhirnya membuat kapok beberapa orang. Banyaknya lahan untuk bisnis semacam ini memang menjadikan kita memperoleh kemudahan dalam bertransaksi, contoh saja dengan munculnya banyak situs-situs online yang menyediakan fasilitas dalam hal jual beli. Namun disisi lain memang tak selamanya hal ini menimbulkan kerugian, apabila kita memang mampu memanfaatkan peluang dengan tepat justru hal inilah yang akan menjadi tren positif di seluruh dunia.
            Banyaknya kasus penipuan dan kepuasan pelanggan yang diluar harapan membuat bisnis online tidak sepenuhnya memberikan jaminan. Tak ada salahnya bila kita seharusnya lebih berhati-hati dalam memakai jasa perdagangan seperti ini. Situs-situs terpercaya sekalipun kadang tidak luput dari permainan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Memang ada baiknya, sebaga kaum yang melek teknologi janganlah terlalu mudah mempercayai hal-hal di dunia virtual. Meskipun kini menjadi trend baru, bisnis online tidak selamanya berhasil dikelola. Butuh modal dan keberanian tinggi dalam pengambilan resiko, baik sebagai konsumen maupun penjual.


      

0 komentar:

Posting Komentar