Minggu, Juni 01, 2014

Oh Ternyata Begini Ilmu Komunikasi itu -Chapter 1-

Di awal bulan Juni ini, aku pengen nulis tentang renungan dan pengamatan yang aku lakukan selama dua tahun ini setelah saya resmi menjadi mahasiswi komunikasi. Hehehehehe.. Jujur aja, aku seneng banget jadi anak komunikasi, maksudnya ini jurusan  emang karena aku punya minat yang besar disini. Awalnya dengar jurusan komunikasi ini memang aku langsung tertarik dengan jenis-jenis mata kuliah yang akan dipelajari. Dan yaahh..saat aku bener-bener resmi masuk jurusan ini jelas aku sangat senang, dan berusaha menekuni ilmu yang aku pelajari ini.

Sebelumnya, pengen cerita dulu tentang kehidupanku di SMA dengan kehidupanku di bangku kuliahan. Ternyata sangat berbeda. Ibaratnya kita kaya melewati sebuah sungai yang lebar sekali, tapi ga ada jembatannya. Nah, disinilah kita harus mikir gimana caranya agar kita bisa menyebrangi dengan lancar dan selamat di seberang sungai. Yah begitulah,  saat aku masih SMA semuanya terasa begitu indah, begitu heboh, rame, seru, dan lain-lain. Namun saat masuk bangku kuliah, semuanya seolah berubah. Aku mulai merasakan perbedaan yang signifikan dalam hal tugas dan kehidupan sehari-harinya. Dan yang lebih terasa berbeda lagi, sejak aku memasuki bangku kuliah masalah dalam hidupku menjadi lebih kompleks. Maksudnya apapun yang aku hadapi menjadi lebih rumit yang kadang tidak bisa langsung diselesaikan. Banyak masalah yang menghadang entah itu dalam berbagai aspek. Sungguh ini fakta!

Nah dari situlah aku mulai berpikir, merenung, dan mencoba memahami bahwa ternyata kehidupan ini memang berputar. Tidak selamanya kita akan bersenang-senang terus dan tidak selamanya kita akan bersakit-sakit terus. Apalagi akhir-akhir ini aku mendapatkan suatu "hantaman" yang sempat membuat hari-haiku tidak nyaman. Namun, entah mengapa aku merasa mendapatkan semua penyelesaian masalah yang ada dari ilmu-ilmu yang aku dapat, yaitu ilmu komunikasi.

Dalam jurusan ini, aku sudah banyak belajar berbagai hal yang ternyata jurusan ini  kita mempelajari tidak hanya seputar teori-teori dalam aspek akademis saja, namun juga terdapat teori-teori dalam aspek kehidupan. Nah inilah spesialnya ilmu komunikasi! Dalam jurusan ini ternyata aku belajar mengenai aspek kehidupan, hubungan antar manusia, pengendalian diri, psikologi dll. Pokoknya segala hal yang harus dilakukan dalam kehidupan kita untuk bisa menjalani hidup.

Nah, sejak aku belajar semua itu, akhirnya aku mulai menyadari hal-hal yang mungkin terdengar sepele, namun ternyata sangat penting bagi seluruh manusia, termasuk orang-orang yang sebenarnya bukan mahasiswa komunikasi. Hal-hal penting apa aja sih itu? Oke aku bakal menguraikan namun pada chapter sleanjutnya ya.. heheheheh ;)

0 komentar:

Posting Komentar