Senin, Juni 02, 2014

Oh Ternyata Begini Ilmu Komunikasi itu -Chapter 2-

Hallo penulis balik lagi, mau bahas tentang lanjutan chapter kemarin, tentang apa aja sih yang udah penulis rasain selama kuliah di jurusan ilmu komunkasi ini. Nah, kemarin kan aku bilang kalo di jurusan komunikasi ini aku dapet banyak ilmu tentang kehidupan dan hubungan antar manusia. Jadi, di dalam jurusan ilmu komunikasi itu sejauh yang aku pelajari ini ada mata kuliah Komunikasi Keluarga, Komunikasi Antarpersona, dan Psikologi Komunikasi. Mata kuliah itulah yang didalamnya berkaitan dengan ilmu-ilmu dalam menyikapi hubungan antar manusia.

Pada dasarnya manusia itu akan selalu memiliki 4 relasi antarpersona, yaitu Keluarga, Sahabat, Hubungan Romantis, dan Relasi Rekan Kerja. Jadi, dalam kehidupan manusia, mereka akan selalu menemui orang-orang yang tergolong di dalam masing-masing kategori tersebut. Nah, tinggal bagaimana caranya agar individu tersebut mampu melaksanakan dan menjaga kualitas hubungan dan proses komunikasi dengan mereka. Setelah mempelajari itu semua aku jadi tau kalau ternyata kita hidup juga ga melulu sama orang-orang yang itu-itu aja. Suatu hari nanti pasti bakal ada orang yang datang dan pergi dalam kehidupan kita. Namun, kapanpun itu waktunya, tugas kita sebenarnya adalah menjaga bagaimana agar hubungan yang telah kita jalin sebelumnya dapat tetap memiliki cerita indah bukanlah menjadi cerita kelam yang tak ingin diingat.

Namun, aku menyadari bahwa sesungguhnya manusia juga merupakan makhluk yang tidak pernah luput dari kesalahan. Pasti akan selalu ada hal-hal seseorang yang dirasa tidak cocok oleh orang lain. Namun kita sesungguhnya harus mampu menyikapinya dengan bijaksana. Manusia tidak akan pernah lepas dari persepsi. Nah, persepsi ini sebenarnya udah dipelajari dari semester satu di jurusan ilmu komunikasi ini, namun dengan mempelajari persepsi ini aku jadi ngerti bahwa ternyata memang persepsi merupakan inti dari komunikasi. Implikasinya adalah bahwa persepsi kita terhadap orang lain itu akan mempengaruhi cara kita berkomunikasi dengan orang tersebut. Nah, dari poin ini aku belajar bahwa sesungguhnya sikap kita sangatlah penting saat kita melakukan interaksi antar manusia. Akhirnya aku menyadari bahwa sesungguhnya sikap kita itu akan selalu dilihat oleh orang lain, dan akan selalu dinilai oleh mereka, yang akhirnya membentuk persepsi kita terhadap diri kita meskipun tidak mereka ungkapkan secara langsung. Jadi, memang pada dasarnya sikap merupakan aspek yang penting dalam kehidupan kita. Bahkan, meskipun kita anak komunikasi, kadang sikap kita lebih penting dan mampu memberikan kontribusi yang besar daripada apa yang kita bicarakan. Atau dengan kata lain cara kita menyampaikan sesuatu kadang lebih penting daripada pesan yang kita bawakan.

To Be Continue :D

0 komentar:

Posting Komentar