Minggu, September 30, 2012

Mahasiswa Kura-Kura/Kupu-Kupu?

Untuk masalah organisasi/UKM yang ada di Kampus, emang bener deh lebih baik ikut yang sesuai sama minat dan potensi kita aja. Karena takutnya kalau terlalu banyak ikut UKM dan ngurus organisasi keteteran kuliahnya. Ada istilah nih Mahasiswa Kupu-kupu dan Mahasiswa Kura-Kura. Kata dosenku sih gini, ada kelebihan mahasiswa kupu-kupu dengan mahasiswa kura-kura.


Mahasiswa kupu-kupu itu mahasiswa yang kerjaannya Kuliah-PUlang. Jadi golongan ini mereka yang setelah kuliah langsung pulang, tidak terlalu banyak terlibat dengan berbagai UKM dan organisasi, tapi mereka tetap mengikuti kegiatan diluar kampus, namun intensitasnya tidk terlalu besar. Mereka cenderung rajin belajar dan secara otomatis mereka bisa menyelesaikan studynya dalam jangka waktu kurang dari 4 tahun. Tapi nih kata dosenku ini juga ada kelemahannya. Karena tidak terlalu banyak ikut organisasi/UKM jadi mereka kurang pandai bersosialisasi dan saat melamar pekerjaan nanti yang dimana pada sesi interview itu akan kesulitan karena tidak terbiasa menghadapi orang lain sehingga kadang sulit mendapat pekerjaan karena kurang panai bersosialisasi.

Nah kalo Mahasiswa kura-kura nih tipe yang Kuliah-RApat. Jadi mereka memang tetap berangkat kuliah seperti biasa, namun setelah kuliah selesai mereka pasti ga akan lupa dengan tanggung jawab mereka dalam mengurus organisasi. Rapat teruss buat program kerja organisasi mereka. Dan alhasil tugas dan kegiatan kuliah kadang terbengkalai, sehingga waktu untuk lulus menjadi lebih lama/lebih dari 4 tahun. Namun kelebihannya mereka sudah pandai bersosialisasi, pandai mengelola organisasi, dan mempunyai link yang banyaakk dalam urusan apapun. Dan saat melamar pekerjaan nanti mereka tidak kesulitan dalam menjalani tes wawancara/interview karena mereka sudah terbiasa menghadapi orang lain.

Namun yang jadi pertanyaan apakah sepenuhnya benar seperti itu?

Kalau menurut aku sendiri sih tidak. Kata dosen juga tidak. Sebagai mahasiswa sudah seharusnya mengerti dan memahami bagimana caranya agar kuliah tetap jalan,IPK bagus, tapi tetap aktiv di kampus. Nah, kalau ini sih tinggal tergantung pada individu masing-masing aja yah.. Karena itu semua kuncinya ada dalam individu tersebut. Tapi kalau buat aku pribadi sih tipe orang yang tidak mau terlibat banyak pada aktivitas organisasi. Hehe. Soalnya targetku juga lulus dengan jangka waktu kurang dari 4 taun dengan IPK yang memuaskan juga, syukur-syukur CUMLAUDE *aammiin :D

Dan soal bersosialisai/menghadapi orang lain, sebenernya wadahnya tidak hanya organisasi saja loh, dalam pergaulan pun kita diuji untuk memahami begitu banyak karateristik orang dan bagimana kita harus menyikapinya. Tapi memang kalau di organisasi itu lebih spesifik karena menyangkut dengan manajemen organisasi tersebut serta berbagai tips and trik dalam menjaga organisasi tersebut tetap berjaya. Terusan kalau masalah pekerjaan aku pikir itu juga tergantung keberuntungan dan skill masing-masing individu juga ya, karena kita pun gatau beberapa tahun yang akan datang bagimana peluang untuk diri kita sendiri itu seperti apa, jadi perbanyak doa dan usaha dulu deh yang penting masalah hasil itu urusan yang diatas.

Well, itu semua memang tergantung kamu sekarang. Yang jelas menjadi mahasiswa yang berimbang sana sini jauh lebih keren! :D Jangan lupa diseimbangkan juga ibadahnya agar semuanya tetap mendapat ridho dari Allah SWT. Mungkin masalah tipe mahasiswa kura-kura atau kupu-kupu ini sudah banyak yang tau, namun aku bantu menyebarluaskan saja pada yang belum tau. ^^ HIDUP MAHASISWA!



0 komentar:

Posting Komentar