Kamis, Agustus 30, 2012

Peran dan Fungsi Mahasiswa



Peran dan Fungsi Mahasiswa dalam Menjaga Kedaulatan Bangsa dan Negara Dibidang Sosial dan Politik

Mahasiswa bisa dikatakan sebagai suatu asset dan harapan bangsa dalam mengembangkan segala kondisi dan situasi dalam negeri. Mengapa? Karena mahasiswa memiliki potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan dalam mencapai suatu tujuan, baik bagi diri sendiri,kelompok,maupun bangsa dan negara. Dengan kesempatan dan kelebihan yang dimilikinya, mahasiswa mampu berada sedikit diatas masyarakat. Maka tidak sepantasnya lah bila mahasiswa hanya mementingkan kebutuhan dirinya sendiri tanpa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negaranya. Sedang kedaulatan sendiri adalah suatu hak eksklusif untuk menguasai suatu wilayah pemerintahan, masyarakat, atau atas diri sendiri.

Hubungan Mahasiswa dengan Kedaulatan Bangsa dan Negara itu sendiri adalah Mahasiswa juga harus memiliki pikiran-pikiran yang kritis dan tanggap terhadap kondisi/masalah pemerintahan dan mempunyai solusi dalam memecahkannya.
Berikut adalah Peran dan Fungsi Mahasiswa dalam Menjaga Kedaulatan Bangsa dan Negara Dibidang Sosial dan Politik :

Peran Mahasiswa Dibidang Sosial dan Politik :
-          Mahasiswa perlu memiliki sikap kritis dan tanggap terhadap apa yang terjadi dalam masyarakat dan pemerintah. Karena dengan dimilikinya sikap kritis seorang mahasiswa maka mahasiswa juga berperan sebagai agen perubahan bangsa.
-          Mahasiswa berperan sebagai penjaga nilai sosial dalam masyarakat. Nilai sosial itu sendiri adalah sesuatu yang dianggap baik oleh masyarakat. Mahasiswa harus mampu mempertahankan nilai-nilai dalam masyarakat yang bersifat baik, kemudian berusaha mengganti nilai yang kurang baik dalam masyarakat karena mahasiswa memiliki berbagai potensi dan kesempatan.
-          Mahasiswa berperan sebagai motivator masyarakat dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara dari apa yang mereka sampaikan pada masyarakat, sehingga masyarakat dapat memahami tentang serba serbi pemerintahan,mengetahui kondisi pemerintahan dan dapat juga mendukung segala kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah. Meskipun tidak semua masyarakat memahami pemerintah melalui mahasiswa, tapi mahasiswa tetap memberikan andil dalam memahami pemerintah. Misalnya melalui demo demo positif yang dapat menggugah masyarakat.

Fungsi Mahasiswa Dibidang Sosial dan Politik :
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa mahasiswa merupakn asset bangsa yang diharapkan membawa bangsa dan negara yang lebih baik. Namun tidak semata-mata semua mahasiswa yang telah lulus mampu menjadikan bangsa ini lebih baik. Fungsi Mahasiswa dalam hal ini adalah Mahasiswa harus tumbuh menjadi manusia yang cerdas dan inovatif. Mahasiswa sesungguhya berfungsi sebagai generasi pelurus bangsa, bukan hanya generasi penerus bangsa. Kenapa dikatakan sebagai generasi pelurus bangsa? Karena bangsa ini memerlukan perubahan. Apabila hanya berfungsi sebagai generasi penerus bangsa, maka bangsa ini akan terus terpuruk,terperangkap terhadap segala ketidakpercayaan, dan kedaulatan tentu bisa diselewengkan atas nama negara dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu bila mahasiswa sudah berfungsi sebagai generasi pelurus bangsa, pemerintah menjadi bersih dari segala hal yang berbau KKN dan kepercayaan masyarakat meningkat terhadap segala tindak pemerintah sehingga maka kedaulatan bangsa negara bisa dipertahankan dengan tepat.
Sudah saatnya mahasiswa menjalankan peran dan fungsi diatas dengan optimal dan tepat. sehingga dapat dibuktikan bahwa mahasiswa benar-benar memiliki andil terhadap menjaga kedaulatan bangsa dan negara. HIDUP MAHASISWA!

*Universitas Jenderal Soedirman. Article by Resya Nur I.P

1 komentar:

asuransipendidikankita mengatakan...

Mahasiswa mempunyai peran yang cukup besar terhadap bangsa khususnya dalam politik. Sejarah perjalanan bangsa kita tidak terlepas dari peran mahasiswa. Kita harapkan mahasiswa menjadi peran yang lebih lagi untuk kemajuan dan kedaulatan bangsa kita

Poskan Komentar